Profile Perusahaan :
CV.UniCloth
adalah sebuah distro pakaian yang menyediakan desain-desain pakaian dan jacket
yang dikhususkan untuk remaja sampai dengan dewasa untuk sekedar bergaya
mengikuti style anak muda masa kini dengan desain simple dan polos.
Saat
CV.UniCloth menyediakan berbagai kategori pakaian :
1. T-shirt
2. Polo Shirt
3. Sweater
4. Jacket.
Dengan
bahan 30’s cotton combet standard distro, berbagai pilihan warna sesuai
keinginan, dan mempunyai ukuran S, M, ML, L, XL dan XXL.
Visi dan Misi
Visi
Menyediakan
pakaian distro berkualitas dengan banyak warna yang tidak membosankan, simple
dan sesuai dengan style anak muda masa kini.
Misi
Menciptakan
pakaian yang dapat diterima dan dikonsumsi oleh para remaja dan menjadi distro
favorit.
Deskripsi Umum Perusahaan
Nama
Perusahaan : CV.UniCloth
Tanggal
Berdiri : 5 November 2015
Alamat
Perusahaan : Jl. Akses UI No.24
Kelapa Dua Depok, Ruko Satria, Kosan Cantik (Depan Kampus E Gunadarma)
Jenis
Perusahaan : Home Industry
Jumlah
Pegawai : 5
Produk : Pakaian Distro
Analisis pasar untuk perusahaan sejenis dan
potensi pasar
Analisis Pasar
Perusahaan
sejenis yang memiliki produk sama masih sedikit di daerah Depok, pesaing di
daerah Depok umumnya toko-toko yang menjual produk serupa. Jika dibandingkan
dengan pesaing, kami yakin bisa menarik hati pelanggan karena produk kami yang
bagus dan service kami ramah.
Potensi Pasar
Potensi
dalam hal produk kami sangat bagus, dimana di daerah Indonesia ini sering
mengadakan event / memperingati suatu kejadian yang menggunakan pakaian polos.
Kami akan menjangkau bagian dalam
Universitas Gunadarma, dimana para pesaing tidak melakukan hal tersebut.
Cara Pemasaran :
Pemasaran
kami lakukan secara online dan offline. Untuk pemasaran online kami menggunakan
jejarin social seperti Facebook, Twitter, Path, BBM, Line, Whatsapp, G+, dan
website. Kami juga akan menggunakan jasa endorse.
Untuk
pemasaran offline kami menawarkan produk kami mulai dari teman-teman dekat,
teman kampus serta orang-orang sekitar. Kami juga menggunakan brosur, stiker,
serta logo produk supaya mudah dikenali.
Hirarki Perusahaan
Perusahaan
ini memiliki 200 pegawai yang bekerja dibawah 4 manajer yaitu pemasaran dan
produksi, keuangan, dan legal. Struktur lengkap perusahaan ini berawal dari 2
orang pemegang saham terbanyak yaitu Rio renaldie dan Henny Yuliana, dibawahnya
ada 4 manajer(yang juga memegang saham) yang mengatur tentang pemasaran,
produksi, keuangan, dan legal yang secara berurutan dipegang oleh Anders sula,
Muhammad Fauzan dan wakil Mario Julian, Bayu Nugraha, dan Ridwan Yuliansyah.
Pembagian komisi berdasarkan persentase saham yang dipegang dan gaji pokok.
Dua
orang pemegang saham terbanyak atau direktur bertugas sebagai pemegang
keputusan terakhir dan mengetahui kebutuhan perusahaan untuk selanjutnya
ditugaskan kepada manajer.
Manajer
pemasaran bertugas untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan
pemasaran/marketing/ periklanan. Manajer pemasaran mengatur 50 pegawai yang
berada dibawahnya. Manajer pemasaran juga bertugas mengatur jenis marketing
yang dibutuhkan dan menugaskannya kepada pegawai dibawahnya.
Manajer
produksi mengatur 100 orang pegawai yang bekerja dibawahnya, manajer produksi
mengatur semua hal yang berkaitan dengan bidang produksi, menentukan jumlah
bahan yang dibutuhkan untuk proses tsb dan bertanggung jawab atas kualitas
produk yang dihasilkan.
Manajer
keuangan mengatur semua proses keuangan dan transaksi yang terjadi. Manajer ini
mengepalai 25 orang pegawai. Manajer keuangan mencatat jumlah uang yang masuk
dan keluar perusahaan dan memberikan saran financial kepada direktur agar lebih
tepat dalam mengambil keputusan dibidang ekonomi.
Manajer
aspek legal, mengepalai 25 orang pegawai dibawahnya. Mengurus aspek legal yang
dibuthkan perusahaan, seperti surat izin usaha perdagangan (siup), nomor pokok
waajib pajak (npwp), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan lain lain.
Contoh SOP internet marketing
- tentukan produk yang akan di iklankan
- siapkan post mengenai produk
- tentukan platform yang akan digunakan (FB ads/ instagram Ads/ post biasa)
- post di account social media yang dimiliki
Modal dan Anggaran
Total modal yang diperlukan adalah Rp.21.000.000.
Total modal yang diperlukan adalah Rp.21.000.000.
Modal tersebut
berasal dari dana bersama dari 7 orang yaitu Henny, Rio, Fauzan, Anders,
Mario, Ridwan dan Bayu.
Terdapat
sejumlah harga barang yang dijual pada gambar di bawah ini.
Dari jumlah
total semua barang yang apabila terjual berjumlah Rp 1.736.000 per 1 unit dari
masing-masing ukuran dan jenisnya. Dan jika dikalikan 10 atau bisa dibilang
dalam 10 kali penjualan dari masing-masing ukuran dan unitnya jumlahnya adalah
17.360.000. Membutuhkan sekitar 3 kali penjualan lagi untuk dapat membalikkan
modal yang lama.
Total jumlah
penjualan baju dalam sebulan jika semua jenis dan ukuran terjual masing-masing
1 unit. Adalah 1.736.000 x 30 = 52.080.000.
Dari hasil
total penjualan selama sebulan di bagi 7 menjadi 7.440.000. Sisa 3 juta
dikembalikan untuk modal penjualan baju. Gaji untuk setiap orang sebesar
4.440.000.
Anggota :
1.
Anders Sula (50412737)
2.
Bayu Nugraha (51412392)
7.
Rio Renaldie (56412438)
1 komentar:
Terima kasih, artikel yang menarik~
Kunjungi :
Website Kami
Website Kami
Posting Komentar