Senin, 04 Januari 2016

CV. C2U.NET(Tugas Kelompok_Pengantar Bisnis Informatika_4IA14)

Profile Perusahaan :

CV.UniCloth adalah sebuah distro pakaian yang menyediakan desain-desain pakaian dan jacket yang dikhususkan untuk remaja sampai dengan dewasa untuk sekedar bergaya mengikuti style anak muda masa kini dengan desain simple dan polos.
Saat CV.UniCloth menyediakan berbagai kategori pakaian :
1.       T-shirt
2.       Polo Shirt
3.       Sweater
4.       Jacket.
Dengan bahan 30’s cotton combet standard distro, berbagai pilihan warna sesuai keinginan, dan mempunyai ukuran S, M, ML, L, XL dan XXL.
Visi dan Misi
Visi
Menyediakan pakaian distro berkualitas dengan banyak warna yang tidak membosankan, simple dan sesuai dengan style anak muda masa kini.
Misi
Menciptakan pakaian yang dapat diterima dan dikonsumsi oleh para remaja dan menjadi distro favorit.
Deskripsi Umum Perusahaan
Nama Perusahaan         : CV.UniCloth
Tanggal Berdiri             : 5 November 2015
Alamat Perusahaan     : Jl. Akses UI No.24 Kelapa Dua Depok, Ruko Satria, Kosan Cantik (Depan Kampus E Gunadarma)
Jenis Perusahaan           : Home Industry
Jumlah Pegawai            : 5
Produk                           : Pakaian Distro
Email                             : u.blanc@gmail.com
 Analisis pasar untuk perusahaan sejenis dan potensi pasar
Analisis Pasar
Perusahaan sejenis yang memiliki produk sama masih sedikit di daerah Depok, pesaing di daerah Depok umumnya toko-toko yang menjual produk serupa. Jika dibandingkan dengan pesaing, kami yakin bisa menarik hati pelanggan karena produk kami yang bagus dan service kami ramah.
Potensi Pasar
Potensi dalam hal produk kami sangat bagus, dimana di daerah Indonesia ini sering mengadakan event / memperingati suatu kejadian yang menggunakan pakaian polos. Kami akan menjangkau bagian dalam  Universitas Gunadarma, dimana para pesaing tidak melakukan hal tersebut.
Cara Pemasaran :
Pemasaran kami lakukan secara online dan offline. Untuk pemasaran online kami menggunakan jejarin social seperti Facebook, Twitter, Path, BBM, Line, Whatsapp, G+, dan website. Kami juga akan menggunakan jasa endorse.
Untuk pemasaran offline kami menawarkan produk kami mulai dari teman-teman dekat, teman kampus serta orang-orang sekitar. Kami juga menggunakan brosur, stiker, serta logo produk supaya mudah dikenali.
Hirarki Perusahaan
Perusahaan ini memiliki 200 pegawai yang bekerja dibawah 4 manajer yaitu pemasaran dan produksi, keuangan, dan legal. Struktur lengkap perusahaan ini berawal dari 2 orang pemegang saham terbanyak yaitu Rio renaldie dan Henny Yuliana, dibawahnya ada 4 manajer(yang juga memegang saham) yang mengatur tentang pemasaran, produksi, keuangan, dan legal yang secara berurutan dipegang oleh Anders sula, Muhammad Fauzan dan wakil Mario Julian, Bayu Nugraha, dan Ridwan Yuliansyah. Pembagian komisi berdasarkan persentase saham yang dipegang dan gaji pokok.
Dua orang pemegang saham terbanyak atau direktur bertugas sebagai pemegang keputusan terakhir dan mengetahui kebutuhan perusahaan untuk selanjutnya ditugaskan kepada manajer.
Manajer pemasaran bertugas untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan pemasaran/marketing/ periklanan. Manajer pemasaran mengatur 50 pegawai yang berada dibawahnya. Manajer pemasaran juga bertugas mengatur jenis marketing yang dibutuhkan dan menugaskannya kepada pegawai dibawahnya.
Manajer produksi mengatur 100 orang pegawai yang bekerja dibawahnya, manajer produksi mengatur semua hal yang berkaitan dengan bidang produksi, menentukan jumlah bahan yang dibutuhkan untuk proses tsb dan bertanggung jawab atas kualitas produk yang dihasilkan.
Manajer keuangan mengatur semua proses keuangan dan transaksi yang terjadi. Manajer ini mengepalai 25 orang pegawai. Manajer keuangan mencatat jumlah uang yang masuk dan keluar perusahaan dan memberikan saran financial kepada direktur agar lebih tepat dalam mengambil keputusan dibidang ekonomi.
Manajer aspek legal, mengepalai 25 orang pegawai dibawahnya. Mengurus aspek legal yang dibuthkan perusahaan, seperti surat izin usaha perdagangan (siup), nomor pokok waajib pajak (npwp), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan lain lain.
   
  
            Contoh SOP internet marketing
  1. tentukan produk yang akan di iklankan
  2. siapkan post mengenai produk
  3. tentukan platform yang akan digunakan (FB ads/ instagram Ads/ post biasa)
  4. post di account social media yang dimiliki
                      
Modal dan Anggaran
Total modal yang diperlukan adalah Rp.21.000.000.
Modal tersebut berasal dari dana bersama dari 7 orang yaitu Henny, Rio, Fauzan, Anders, Mario, Ridwan dan Bayu.
Terdapat sejumlah harga barang yang dijual pada gambar di bawah ini.
Dari jumlah total semua barang yang apabila terjual berjumlah Rp 1.736.000 per 1 unit dari masing-masing ukuran dan jenisnya. Dan jika dikalikan 10 atau bisa dibilang dalam 10 kali penjualan dari masing-masing ukuran dan unitnya jumlahnya adalah 17.360.000. Membutuhkan sekitar 3 kali penjualan lagi untuk dapat membalikkan modal yang lama.
Total jumlah penjualan baju dalam sebulan jika semua jenis dan ukuran terjual masing-masing 1 unit. Adalah 1.736.000 x 30 = 52.080.000.
Dari hasil total penjualan selama sebulan  di bagi 7 menjadi 7.440.000. Sisa 3 juta dikembalikan untuk modal penjualan baju. Gaji untuk setiap orang sebesar 4.440.000.
                                        
Anggota :
1.      Anders Sula          (50412737)
2.      Bayu Nugraha      (51412392)
3.      Henny Y.R.            (53412407)
4.      Mario J.T.             (54412441)
5.      M. Fauzan A.        (54412948)
6.      Ridwan Y.             (56412326)
7.      Rio Renaldie         (56412438)               

1 komentar:

kunto wicaksono wibowo mengatakan...

Terima kasih, artikel yang menarik~
Kunjungi :

Website Kami
Website Kami

Posting Komentar