Pengertian Kajian Budaya
Jawa
Kajian Budaya Jawa maksudnya penyelidikan
atau penelitian sexara mendalam tergadap budaya yang merupakan kebiasaan dan
selalu dilakukan oleh manusia atau masyarakat Jawa.
Konsepsi tentang manusia sebagai satu-satunya
organism yang merupakan makhluk pembentuk kebugayaan, mengakui bahwa
kebudayaan bersifat universal dan atribut dari semua manusia.
B. Masalah Kebudayaan
Pengertian “kebudayaan” banyak ragamnya lebih
dari 150 definisi. Pengertian kebudayaan awalnya dari kata yunani “cplore,
culture” dalam bahasa inggris disebut culture(kebudayaan)
Definisi
kebudayaan yang telah diutarakan para pakar adalah
1. Clifford Geertz
Greetz
berpendapat bahwa jebudayaan merupakan pengetahuan manusia yang diyakini
kebenarannya oleh orang yang bersangkutan dan diselimuti serta menyelimuti
perasaan-perasaan dan emosi emosi manusia serta menjadi sumber bagi system
penilaian sesuatu yang baik dan buruk
2. Koentjaraningrat berpendapat
bahwa budaya berasal dari kata buddhayah (sanskerta) nemtuk jamak dari buddhi
,budi/akal. Jadi kebudayaan berarti hal-hal yang bersangkutan dengan budi dan
akal.
3. Zaetmulder berpendapat
bahwa kebudayaan merupakan perkembangan dari majemuk budi-daya artinya dari
budi, kekuatan dari akal
4. Haryanti Soenadio
menjelaskan kebudayaan merupakan sisitim nilai dan gagasan utama sebagai
hakikat kebudayaan terwujud dalam tiga system budaya yaitu: system ideology,
social, dan system teknologi.
5. Budiono Herisatoto
Budiono
berpendapat kebudayaan bersal dari budi dan daya. Jadi budaya berarti kekuatan
batin dalam daya upayanya menuju kebaikan/kesadaran batin menuju kebaikan.
Manusia merupakan makhluk berbudaya bahwa kebudayaan merupakan ukuran dalam
hidup dan tingkah laku manusia.
6. Rhe Liang Gie
Kebudayaan
diartikan dalam konsep humanistic: budaya “sebagai sesuatu yang membuat lebih
bernilai untik ditempuh”
C. Wujud Kebudayaan
Wujud
kebudayaan mencangkup 3 hal yaitu:
1. Sesuatu yang komplek dari
ide-ide, gagasan-gagasan , nilai-nilai,
2. Akrivutas kelauan berpola
dalam masyarakat -> system social masyarakat.
3. Hasil karya manusia->
bentuk fisik (benda-benda, bangunan)
D. Isi Kebudayaan
Isi
kebudayaan amat komplek dan mencakup berbagai keadaan dan kebutuhan masyarakat,
bauk masyarakat tradisional maupun modern yang mencakup masalah
a. Sistem religi dan upacara
keagamaan
b. Sistem dan organisasi
kemasyarakatan
c. Sistem pengetahuan
d. Bahasa dan sastra
e. Kesenian
f. Sisitem mata pencaharian
hidup
g. Sistem teknologi dan
peralatan
Sistem
merupakan unsure yang secara teratur saling berkaitan, sehingga membentuk suatu
loyalitas(susunan yang teratur dari pandangan: teori,cara,metode)
E. Suku Bangsa Jawa
Orang-orang
yang secara turun menurun memahami adat istiadat Jawa, menggunakan bahasa Jawa
dengan berbagai dialeknya dalam kehidupan sehari-hari; bertempat tinggal di
Jawa Tengah
F. Wilayah Budaya Jawa
1. Derah Jawa Barat/ Tanah
Apasundan(sebelah barat sungai Cilosari dan Cytandu) suku bangsa sunda
2. Daerah Jawa Tengah
dan JAWA Timur( sebelah timur kedua sungai di atasà tanah Jawa meliputi: daerah
Banyumas, Kudus, Yogyakarta, Surakarta, Madiun, Malang, Kediri
3. Daerah pesisir dan ujung
Timur
Melipuri:
Cirebon, Tegal, Pekalongan, Kudus, Demak, Gresik, Surabaya, Madura
G. Kebudayaan jawa
Pancaran atau
pengejawantahan budi manusia jawa yang mencakup kemauan, cita-cita, ide maupun
semangat dalam mencapai kesejahteraan, keselamatan, dan lahir batin merupakan
salah satu definisi dari kebudayaan jawa. Kedatangan kebudayaan Hindu di jawa
melahirkan kebudayaan Hindu-Jawa. Kedatangan kebudayaan Islam di Jawa
melahirkan kebudayaan Islam-Jawa. Kebudayaan jawa menjadi sinkretis meliputi
unsur-unsur: Pra-Hindu (jawa asli), Hindu Jawa, Islam Jawa, dan Barat Jawa.
Barangkali sangat kelihatandan jangan heran apabila manusia jawa sekarang ini
cenderung materialistik karena pengaruh budaya barat. Dalam perkembangannya,
kebudayaan jawa masih tetap seperti dasar kelahirannya.
Menurut pemikiran-pemikiran lama dapat
dirumuskan:
a. Manusia jawa berkeyakinan
kepada Sang Maha Pencipta, penyebab dari segala kehidupan.
b. Manusia jawa berkeyakinan
bahasa manusia adalah bagian dari kodrat alam semesta (makro kosmos). Manusia
dengan alam saling mempengaruhi. Tetapi manusia harus sanggup melawan kodrat
alam sesuai dengan kehendak cita-cita agar hidup selamat baik di dunia maupun
di akherat. Hasil dari perjuangan perlawanan terhadap kodrat alam tersebut
berasal dari kemajuan dan kreativitas kebudayaan, sehingga terjalinlah
keselarasan dan kebersamaan yang didasarkan pada saling hormat, saling tenggang
rasa, saling mawas diri.
c. Manusia jawa rindu akan
kondisi “tatatentremkertaraharja” yaitu suatu keadaan yang damai, sejahtera,
aman, sentosa, berdasar pada “kautamaningngaurip” (keutamaan hidup) sehingga
manusia jawa berkewajiban untuk “memayuhayuningbawono”.
Kitab-kitab yang menjadi kajian filsafat dan kebudayaan jawa, antara lain: karya-karya sastra Ranggawarsita, Sri Mangkunegara IV, Pakubuwono IV (tiga serangkai pujangga jawa). Juga beberapa contoh lakon wayang seperti Karno Tanding, Bimo Suci.
Kitab-kitab yang menjadi kajian filsafat dan kebudayaan jawa, antara lain: karya-karya sastra Ranggawarsita, Sri Mangkunegara IV, Pakubuwono IV (tiga serangkai pujangga jawa). Juga beberapa contoh lakon wayang seperti Karno Tanding, Bimo Suci.
BUDAYA JAWI KARATON SURAKARTA
Budaya tegesipun uwoh
pangolahing budi, inggih menika uwohing pakarti lahir adhedhasar kaluhuran lan
kautaman, ugi uwohing pakarti batin, nyaket dhumateng Pangeran ingkang Maha
Agung.
Seserepan utawi keterangan (makna) lambang Karaton Surakarta Hadiningrat “Radya Laksana”:
Radya Laksana dumadi saking tembung radya lan laksana. Radya tegesipun negara utawi rasta, inggih menika pantes pinundhi-pundhi. Wondene laksana tegesipun lampah tumindak ingkang temen, rila kanthi terusing batos.
Seserepan utawi keterangan (makna) lambang Karaton Surakarta Hadiningrat “Radya Laksana”:
Radya Laksana dumadi saking tembung radya lan laksana. Radya tegesipun negara utawi rasta, inggih menika pantes pinundhi-pundhi. Wondene laksana tegesipun lampah tumindak ingkang temen, rila kanthi terusing batos.
Gambar utawi lambang
ingkang katingal ing seratan menika, inggih menika tandha cirinipun Karaton
Surakarta Hadiningrat. Dados sinten ingkang mangagem utawi mangangge tandha
menika saged winastan “tedhak turuning Nata utawi Abdidalem Karaton Surakarta,
utawi sinten kemawon ingkang Ngedhep dhateng Karaton Surakarta”.
Lambang karaton menika
awujud lonjong, makutha abrit sarta jene, nglebet lonjong, dhasaran biru,
linukis lintang, rembulan, srengenge nyunaraken cahaya, jagad, ing
sanginggiling kapaku. Kiwa lan tengen, kapas lan pari, bongkotipun tinangsulan
pita pethak abrit. Keteranganipun makaten: Paku, pasemon sarana mrih tansah
santosa kukuh lan bakuh kalenggahaning jagad. Inggih santosaning tekad jinurung
santosaning kalbu.
Kapas lan pari, lambanging
sandhang lan tedha. Inggih kabetahan gesang tata lahir. Sandhang dhawah
rumiyin, karana sesambetan kaliyan kasusilan. Kados pundi menawi titah manungsa
lirwa ing sandhang? Temtunipun badhe saru dinulu, growing menawi sinawang,
Keplasipun dados seanti, mugi kiyat nampi saliring penandhang. Wondene pari
ingkang dados lambanging tedha, menika dhawah kalih. Tegesipun ajiwa budaya
Jawi, kedah susila, boten nengenaken tedha, utawi tansah subasita boten pegat
tapabrata.
Pita pethak abrit, pasemon
marga dumadosipun ing donya, inggih mawa pitedah tansah inget dhumateng bapa
biyung. Minangka pancadan enget dhateng Gusti Hingkang Hangidini Tumitah.
Beblesing makna, inget jejering kawula titah sawantah, ngrumaosi wonten ingkang
hamarengaken tumitah, inggih bakuning ancas gesang sageda nyawiji Kawula lan
Gusti, utawi manunggaling kawula Gusti
Makna sinandi salebeting
lambang Radya Laksana. Makutha menika lambang ageming narendra (nata) ugi dados
pasemoning budaya Jawi, gambar makutha ugi dipunwerdeni kagunan utawi
kapintenan. Warni abrit lan jene menika warni kasepuhan lahir batin, sabar ing
kalbu sareh ing laku. Hawatak hayu, hayom, hayem lan tentrem. Dhasar biru enem
(pethak + biru) saged nulak rubeda ingkang asipat agal lan alus. Sanepanipun
angkasa (langit) menika wiyar jembar agung pangapurane.
Surya (srengenge) menika
dados sumbering gesang ing jagad tumrap sadaya tumitah. Sasangka tegesipun
candra utawi rembulan, lambang pepadhang kawimbuh swasana asrep ing wanci dalu.
Sudama tegesipun lintang, sanadyan wanci peteng, lintang abyor saged asung pepadhang. Ateges saged paring daya padhang menawi pinuju nampi bebendu.
Sudama tegesipun lintang, sanadyan wanci peteng, lintang abyor saged asung pepadhang. Ateges saged paring daya padhang menawi pinuju nampi bebendu.
Jagad menika inggih
jlegering manungsa, inggih wewakiling jagad ageng miwah alit. Inggih menika
pesemoning titah manungsa ingkang wajib ngreksa manunggaling ageng alit utawi
ngudi nyawiji Jejering Kawula lan Gusti. Paku, dados pasemon amrih tansah bakuh
saha kukuh kalenggahaning jagad. Inggih santosaning tekad ingkang jinurung
santosaning kalbu.
Kapas lan pari; lambanging
sandhang lan tedha, inggih kebetahan gesang tata lahir. Sandhang dhawah rumiyin
amargi sesambetan kaliyan kasusilan. Pari ingkang dados lambanging tedha dhawah
nomer kalih. Tegesipun ajiwa budaya Jawi kedah susila, boten nengenaken tedha,
utawi subsita boten pegat tapa brata.
Pita abrit, dados
pasemonipun marga dumadosipun ing alam donya inggih mawa pitedah tansah enget
bapa biyung. Minangka pancadan enegt dhumateng Gusti ingkang Hangidini Tumitah.
Blebesing makna enget jejering kawula titah sawantah ngrumaosi wonten ingkang nitahaken,
mujudsaken baku ancasing gesang nyawiji Kawula lan Gustinipun. (Buku Rujukan:
Kajian Budaya Jawa
Radya Laksana = tuntunaning agesang.
Sari-pathi lambang Radya
Laksana sayekti dados tuntunaning ngagesang. Sadaya tiyang ingkang mangangge
lambang Radya Laksana kedah rila legawa angetrapaken Jiwa Budaya Jawi ingkang
sampun kawedhar ing seratan Budaya Jawi Kararton Surakarta nomer 1 dan nomer 2.
Sari-pathi lambang Radya Laksana sejatosipun inggih Jiwa Budaya Jawi gagrak
Surakarta. Sadaya sentana dalem, abdi dalem, lan sadaya tiyang ingkang remen,
cocok, lan mengangge lambang Radya Laksana, wajib anglampahi gesang kanthi
tuntunan Budaya Jawi Karaton Surakarta. “Tindakna watak-wantu kang tinemu ing
lambang Radya Laksana”, makaten pitutur ingkang mijil saking lambang Radya
Laksana.
Babon lambang tuntunaning
ngagesang menika wau sejatosipun saking Murwa Wedha Senapaten. Tegesipun, warah
utawi tuntunan sampun wonten, hamung dereng tinata wewangunan kacetha kados
samenika. Lambang Radya Laksana dipun wiwiti ing jaman Sinuhun Pakoe Boewono X.
Sinuhun ugi paring sabda budaya (motto): “Kuncara ruming bangsa dumunung
luhuring budaya”.
Sumber Budaya Jawi menika kapendhet saking sifat-sifat jagad raya ingkang wonten ing
Sumber Budaya Jawi menika kapendhet saking sifat-sifat jagad raya ingkang wonten ing
(1) surya,
(2) rembulan,
(3) kartika,
(4) mendhung,
(5) angin,
(6) banyu,
(7) geni, tuwin
(8) bumi.
Wonten malih Warahdalem
Hingkang Sinuhun Kangjeng Susuhunan Pakoe Boewono Kaping IX ing Surakarta lan
ugi saged kangge tuntunaning agesang para satria Jawi inggih menika: “Mesem
lamun denhina, sumingkir lamun hingalembana”. Awon sae binrastha, boten tepang
bener luput, jumeneng satengahing jagad, watakipun tentrem. Inggih menika
ingkang dipun wastani piwulang adi luhung, dadosa pamecut kridhaning darma
salebiting hambangun Jiwa Budaya Sumber Karaton Surakarta, sanadyan dumugi
lampahing rodha jaman ing wekdal menika, kaweruh kemajenganing petang nalar
utawi pikir bebles sundhul langit, klinthong-klinthong ing angkasa, wira-wiri
nyangking wiron ing ratan rembulan, boten saged hamaedahi ing humat manungsanipun,
menawi piwulanmg luhur wau boten kangge gondhelan minangka gegaman utawi
senjata triwikramaning penggalih jumangkanging sedya runtuting samukawis bab.
MASYARAKAT JAWA
A. Struktur Masyarakat Jawa
Masyarakat jawa memliki
budaya, karakteristik, dan identitasnya secara jelas dan unik. Identitas budaya
dijadikan sebagai ciri khas yang dimulai sejak jaman kerajaan. Akan tetapi, di
jaman sekarang/modern saat sekarang identitas tersebut telah banyak berubah
seiring dengan adanya pengaruh budaya luar, sehingga budaya jawa mengalami
erosi. Maka muncul istilah “wong_jowo_ilang_jawane” (orang jawa telah
kehilangan identitas jawanya), seperti kehilangan unggah-ungguh (saling hormat
menghormati), tradisi budaya, penggunaan bahasa, dan sebagainya.
Orang jawa dibedakan menjadi dua kelompok
social ekonomi yaitu:
1. Kaum Priyayi, yaitu terdiri
dari priyayi rendah (pegawai rendah dan intelektual) dan priyayi tinggi
(pejabat)
2. Wong cilik, yaitu para
petani di pedesaan dan orang-orang yang berpendapatan rendah di kota-kota.
Orang jawa dibedakan menjadi dua kelompok social keagamaan yaitu:
1. Kaum santri, yaitu orang jawa yang
hidupnya berusaha sesuai dengan ajaran agama islam (islam aktif dan taat)
2. Kaum abangan, yaitu terdiri orang jawa yang Bergama islam pasif sebagai pemilik tradisi budaya dan non islam, yaitu orang jawa yang telah berpindah dari agama islam ke agama lain.
Orang jawa dibedakan menjadi tiga kelompok secara antropologis:
1. Kaum priyayi, yaitu orang-orang jawa ningrat yang masih memiliki keturunan atau dari keluarga keratin.
2. Kaum santri, orang-orang jawa islam yang hidupnya lebih didominasi pengalaman agama islam.
3. Kaum abangan, yaitu orang jawa yang berasal dari kalangan bawah (bukan santri ataupun bukan priyayi).
Akan tetapi selang beberapa
dasa warsa (di era pembangunan sekarang) ketiga kelompok orang jawa tersebut
telah membaur dan bersifat saling mempengaruhi, sehingga menjadi: ada priyayi
yang memiliki sifat abangan yang cenderung kasar, dahulu seorang abangan kini
menjadi santri atau bahkan priyayi.
Manusia jawa dalam interaksinya dalam satu keluarga (lingkup mikro) setiap orang harus dapat membawa diri dan bersikap sesuai prinsip kekeluargaan, misalnya seorang anak harus dapat menghormati kedua orang tua “mbangun_miturut_bapa_biyung”. Orang jawa harus menghormati para leluhurnya “mikul_dhuwur_mendhem_jero” dan lain sebagainya.
Manusia jawa dalam interaksinya dalam satu keluarga (lingkup mikro) setiap orang harus dapat membawa diri dan bersikap sesuai prinsip kekeluargaan, misalnya seorang anak harus dapat menghormati kedua orang tua “mbangun_miturut_bapa_biyung”. Orang jawa harus menghormati para leluhurnya “mikul_dhuwur_mendhem_jero” dan lain sebagainya.
Semuanya itu demi
terciptanya memayu_hayuning_salira” (mempercantik perilaku diri). Manusia jawa
dalam interaksinya dengan sesama (lingkup mezzo), maka setiap orang harus dapat
hormat menghormati, bergaul sesuai dengan prinsip: gotong royong atau
kekadangan. Seseorang harus dapat “ajur-ajer” dengan sesamanya, tidak boleh
pilih kasih. Pergaulan dengan lingkungan tersebut termasuk didalamnya dengan
lelembut (makhluk halus). Makhluk halus menurut kepercayaan manusia jawa diberi
hormat dengan sesajen. Karena makhluk halus tersebut dapat mengganggu manusia,
bahkan makhluk halus dapat dimintai pertolongan, seperti mencarikan kekayaan,
mencari kesaktian, dan lain sebagainya.
Manusia jawa dalam interaksinya dengan lingkungan yang lebih besar atau disebut juga dengan Negara atau pemerintahan (lingkup makro) harus dapt membawa diri dalam bersikap.
Manusia jawa dalam interaksinya dengan lingkungan yang lebih besar atau disebut juga dengan Negara atau pemerintahan (lingkup makro) harus dapt membawa diri dalam bersikap.
B. PERASAAN ORANG JAWA
Perasaan Orang Jawa
Perasaan orang Jawa (tradisional-asli) dapat dibedakan: aji, pakewuh, ajrih,
lingsem, isin.
1. Aji adalah rasa hormat
kepada orang yang lebih tinggi derajatnya, pangkatnya, martabatnya. Tidak cuma
hormat, bahkan ada yang bercampur rasa kagum.
2. Pakewuh (basa krama-nya:
pakewet) adalah perasaan malu ketika dia harus berhubungan, bergaul, bercampur,
bertemu, apalagi minta tolong, kepada orang yang derajat dan pangkatnya lebih
tinggi.
3. Ajrih adalah perasaan malu
(bercampur takut) disebabkan karena dirinya merasa telah bersalah, atau telah
melakukan sesuatu yang kurang baik, kepada seseorang.
4. Rasa senang (krama: remen)
adalah perasanaan senang, enak, nyaman, khususnya dalam berkomunikasi dengan
orang lain yang sederajat.
5. Tresna adalah rasa senang,
cinta, simpati, saat bertemu, bergaul, dengan orang lain, yang biasanya telah
akrab.
6. Gething adalah rasa benci.
Biasanya benci disebabkan oleh sifat-sifat buruk seseorang, sehingga dia
menjauhi orang tersebut.
Jadi jelas, budaya Jawa
(bukan orang Jawa) memiliki budaya malu. Jika bertemu dengan orang yang belum
dikenal, maka ada dua kemungkinan. Pertama: orang Jawa akan menghindar,
negative thinking. Kedua: bersahabat, aktif, positive thinking. Pada umumnya
orang Jawa suka membantu orang lain, sesuai ungkapan dudu sanak dudu kadang,
yen mati melu kelangan. Kesimpulannya: tidak semua orang Jawa lamban,
tergantung orangnya. Banyak orang Jawa yang berani bertindak tegas dan cepat
(trampil-trengginas-tanggap-tanggon).
BAHASA DAN SASTRA
a. unggah-ungguh bahasa
jawa
Kesantunan berbahasa dalam
kaitan dengan tulisan ini diidentikkan dengan penerapan tingkat tutur bahasa
Jawa, krama danngoko. Tingkat krama mencerminkan tingkatan
halus, tingkat ngoko mencerminkan kenetralan,
dan di sekitar krama dan ngokomasing masing menunjukkan
sifat yang berbeda dari yang sangat halus hingga yang kasar. Pembagian
tingkatan bahasa Jawa mengacu pada Sudaryanto (1989:103), yakni krama (h)alus, krama, ngoko (h)alus, ngoko. Sistem tingkatan ini
ditandai oleh pemakaian unsur-unsur kosakata (sebut: ragam) krama inggil, krama, dan ngoko. Krama alus memiliki unsur krama, dan kramainggil untuk mitratutur; krama semua unsurnya adalah ragam krama, ngoko alus memiliki unsur ragam ngoko, dan ragam kramainggil untuk mitratutur;
dan ngoko hanya memiliki kosakata ragam ngoko. Kosakata ragam ngoko mempunyai jumlah paling
banyak. Tidak setiap kata ragam ngoko memiliki padanan dalam
ragam krama atau ragam krama inggil, sehingga kosakata
ragamngoko sebenarnya menjadi dasar semua tingkatan
dalam bahasa Jawa dan tidak bisa digantikan ragam lain jika memang tidak ada.
Selain kosakata, penanda
ragam yang lain yakni penggunaan sapaan krama dan ngoko yang juga diaktualisasikan
dalam bentuk prefiks honorifik proklitik (pendahulu verba) sebagai penciri
verba persona pasif dan transhierarkinya; dan enklitik (mengikuti nomina)
penunjuk milik atau kata ganti milik. Kombinasi antara ragam kosakata, sapaan,
dan klitika tersebut membentuk tingkat tutur/unggah-ungguh yang berbeda-beda.
Semakin halus ragam yang digunakan semakin halus dan hormat pula pertuturan
bahasa Jawa yang ada.
b. Kitab-Kitab Kasusastran
Jawa
1. kitab kitab Jawa Kuna
golongan tua.
Yang tergolng kitab – kitab ini misalnya
Candakarana,Ramayana, dan beberapa perwa dalam mahabarata.
2. Kitab – kitab jawa kuna
berbentuk puisi
Yang tergolng kitab – kitab ini misalnya
Arjunawiwaha, Braratayuda, dan Nitisastra.
3. kitab – kitab Jawa Kuna
golongan Muda
Yang tergolng kitab – kitab ini misalnya
nagarakertagama, Arjunawijaya, dan Nitisastra.
4. tumbuhnya bahasa jawa
tengahan.
Kitab – kitab yang dihasilkan pada periode
ini misalnya Tantu Panggelaran, Calonarang dan Pararaton.
5. kidung jawa tengahan
Kitab – kitab yang dihasilkan pada periode
ini misalnya Dewiruci,Panji Anggraini, dan Sri Tajung.
6. zaman islam
Kitab – kitab yang dihasilkan pada periode
ini misalnya Suluk Sukarsa, Nitisruati dan Menak.
7. zaman surakarta awal
Kitab – kitab yang dihasilkan pada periode
ini misalnya baratayuda, babad Giyanti dan Cemporet.
KESENIAN TRADISIONAL
Berdasarkan lokasi, kesenian tradisional Jawa
atau teater rakyat Jawa, seni rakyat berupa:
a. Pertunjukan wayang purwa
atau wayang kulit purwa
b. Wayang orang
c. Ketoprak
d. Sulap
e. Tayub
f. Ludruk
g. Tarian kuda kepang
Media tradisional tersebut
masih cukup ampuh untuk mengenalkan budaya Jawa kepada masyarakat dan salah
satu benteng budaya bangsa. Karena dengan terus memelihara dan mengembangkan
warisan budaya sendiri, dapat memperkuat kepribadian mempertebal rasa percaya
diri yang merupakan kekuatan pembangunan.
a. Pengertian kesenian
tradisonal
Kesenian adalah salah satu
penyangga kebudayaan dan berkembang menurut kondisi kebudayaan itu. Kesenian
tidak pernah berdiri lepas dari masyarakat. Sebagai salah satu bagian penting
dari kebudayaan, kesenian merupakan kreativitas dari kebudayaan dan pada
dasarnya semua bentuk seni dianggap berasal dari ritual kuna.
Kesenian tradisional,
terdiri atas kesenian tradisional keratin maupun tradisional kerakyatan. Dengan
istilah agung dantradisi kecil yaitu pola kebudayaan dari komunitas kecil atau
masyarakat pertanian.
Seni merupakan pengembangan
seni yang berfungsi mengikat solidaritas rakyat, agar mendukung struktur yang
memperkuat kelangsungan supermasi dan gaya hidup keratin, seperti dalam wayang
purwa, seni karawitan klasik, seni tari.
b. wayang purwa
Dalam bahasa Jawa, WAYANG
berarti “ BAYANGAN “ / “ WEWAYANGAN “(SHADOW ).Dan jikaditinjau dari arti
filsafatnya “WAYANG”diartikan sebagai Bayangan pencerminan dari sifat-sifat
yang ada dalam jiwa manusia.
Wayang tercipta karena
adanya pikiran dan imajinasi manusia untuk menggambarkan ROH nenek moyang pada
saat itu ( jaman NEOLITHIKUM )di Nusantara ( Indonesia ).Dan dipergunakan untuk
upacara-upacara tertentu. Wayang timbul diperkirakan pada tahun 1500 SM,
sebelum masuknya ajaran HINDHUISME ke Nusantara.
Sampai pada awal berdirinya
kerajaan Demak, wayang banyak mengalami perubahan dalam penyempurnaan pada
tahun 1437 M. Dan mengalami penyempurnaan lagi pada awal berdirinya kerajaan
Mataram Islam, seperti yang terlihat sampai sekarang. Wayang itu sendiri
terkandung beberapa segi aspek seni didalamnya, antara lain:
1.Seni Tari
2.Seni Rupa & Kriya
3.Seni Drama/teater
4.Seni Musik
5.Seni Sastra
6.Seni Suara.
Dari ke 6 segi itu akan
nampak jelas pada saat wayang dimainkan dalam suatu pertunjukan.Pada tahun 2003
dan November 2005 , Badan Dunia UNESCO telah menetapkan seni wayang sebagai
salah satu dari 90 mahakarya seni dunia.
Wayang tidak hanya
dinikmati oleh orang jawa (Indonesia)saja, tapi juga diminati dan digemari oleh
orang-orang Asing manca negara. Bahkan dari segi bentuk wayang tradisional (
klasik)-pun ,oleh imajinasi Seniman dikreasi menjadi seni KONTEMPORER,dan tetap
pada ciri khas dari Klasik-nya. danmenambah khasanah seni wayang yang
adilihung.
ADAT ISTIADAT JAWA
Perayaan Sekaten
Upacara
Tradisi Sekaten merupakan salah satu tradisi yang hingga sekarang masih
dilestarikan dan dipertahankan oleh Keraton Kasunanan Surakarta yang terletak
di Kelurahan Baluwarti Kecamatan Pasar Kliwon. Upacara Tradisi ini adalah
warisan nilai budaya yang dilaksanakan secara turun-temurun oleh nenek moyang
mereka. Pada mulanya upacara tersebut diselenggarakan tiap tahun oleh raja-raja
di Tanah Hindu, berwujud selamatan atau sesaji untuk arwah para leluhur yang
diselenggarakan dalam dua tahap.
Tahap
pertama disebut Aswameda, yaitu tahap dimana sesaji diselenggarakan selama enam
hari, yang dilakukan dengan doa-doa dan nyanyian pujian disertai dengan
tetabuhan yang mengandung arti memuja arwah para leluhur, untuk memohon berkat
dan perlindungan. Kemudian tahap kedua disebut Asmaradana, yang diselenggarakan
pada hari ke tujuh dan merupakan penutup tahap yang pertama. Dalam tahap yang kedua
ini diselenggarakan pembakaran dupa besar, yang disertai dengan mengheningkan
cipta atau semedi. Dengan masuknya agama dan pengaruh Hindu ke Jawa, maka
upacara Aswameda dan Asmaradana maka masuk pula ke dalam kehidupan budaya Jawa.
Dan pada jaman Hindu Jawa, raja-raja Jawa juga melestarikan upacara yang
diwarisi tersebut.
Tradisi
selamatan atau sesaji tersebut diselengggarakan pula oleh raja-raja Majapahit.
Mula-mula upacara Aswameda dan Asmaradana itu diselenggarakan di candi-candi,
tempat abu leluhur mereka disimpan. Sejak pemerintahan baginda Raja Hayam
Wuruk, upacara selamatan dan sesaji Aswameda dan Asmaradana itu tidak lagi
diselenggarakan di candi-candi seperti yang dilakukan oleh raja-raja terdahulu,
melainkan di tengah-tengah kota. Hal ini terbukti dengan penyelenggaraan
upacara untuk mendiang Ibu Suri Baginda Sri Wishnu Wardani. Upacara sesaji
untuk arwah para leluhur, yang disebut srada. Oleh Prabu Hayam Wuruk
diselenggarakan selama tujuh hari dam tiap-tiap hari, ganti-berganti, para raja
di bawah kekuasaan kerajaan Majapahit mempersembahkan sumbangannya dengan
membawa bermacam-macam keramaian.
Pada
jaman pemerintahan Sang Prabu Brawijaya V, yang disebut jaman Majapahit
terakhir, upacara sesaji tahunan tersebut masih tetap dilaksanakan dengan keramaian
yang agak besar. Prabu Brawijaya memiliki satu perangkat gamelan yang sangat
tersohor, dikenal dengan nama Kanjeng Kyai Sekar Delima, yang tiap tahun
dibunyikan orang untuk memeriahkan keramaian itu. Oleh rakyat, gamelan tersebut
dianggap sangat bertuah dan keramat.
Konon,
putra Sang Prabu Brawijaya V yang bernama Raden Patah menjadi Adipati di
Bintara telah memeluk agama baru, yaitu Islam. Sang Prabu Brawijaya V mendengar
berita bahwa Raden Patah akan menyerbu Kerajaan Majapahit, bila Sang Prabu Brawijaya
tidak bersedia masuk agama Islam. Berita semacam itu diterima Prabu Brawijaya V dengan
sangat sedih. Untuk mengatasi kesedihan yang sangat mengganggu ketenteraman
jiwa itu membuat Prabu Brawijaya V bersemedi atau bertapa selama dua belas
hari, memohon kepada para dewa agar Raden Patah membatalkan niatnya untuk
menyerbu Majapahit, dan memohon kerajaan dan rakyatnya senantiasa dalam keadaan
aman, tenteram, dan sejahtera.
Sementara
itu para ahli gending di Kerajaan Majapahit lalu menciptakan lagu-lagu untuk
dialunkan melalui gamelan milik baginda, yang tujuannya untuk menghibur hati
Sang Prabu Brawijaya agar tidak berlarut-larut dalam kesedihan. Mendengar
lantunan suara lagu-lagu melalui gamelan pusaka kerajaan itu hati baginda
bukannya menjadi terhibur melainkan malah bertambah sedih. Karena lagu tersebut
mengalunkan kesedihan yang menyayat hati bagaikan kinjeng tangis yang
merintih-rintih dengan lengking tangisnya di tengah hari. Mendengar bunyi
gending-gending baru itu baginda raja bahkan membayangkan nasib buruk yang akan
dialami Kerajaan Majapahit kelak. Para ahli gending yang mengetahui akibat yang
ditimbulkan oleh gending-gending baru itu bukannya membuat senang hati baginda,
melainkan bahkan membuat baginda makin sedih. Maka mereka menyuruh para niyaga
memukul gamelan itu keras-keras, dengan irama yang diperhitungkan dapat
membangkitkan gelora semangat baginda.
Demikianlah
pemukulan gamelan tersebut kemudian menggunakan irama bertingkah. Kadang-kadang
keras gemuruh laksana gamelan lokananta dengan irama membangkitkan jiwa
bergejolak. Dan kadang-kadang lemah lembut mengalun dan menyayat hati. Gamelan
kerajaan Majapahit yang dinamakan Kanjeng Kyai Sekar Delima tersebut lalu
dinamakan Sekati, karena dapat menambah Sang Prabu Brawijaya seseg ati (sesak hati).
Dalam
abad ke-14 agama Islam mulai berkembang di tanah Jawa. Dengan pemuka agama yang
dalam Agama Islam disebut wali. Para wali di Jawa ini terkenal ada sembilan
orang, karena itu disebut wali. Nama mereka masing-masing adalah Sunan Ampel,
Sunan Bonang, Sunan Giri, Sunan Kalijaga, Sunan Kudus, Sunan Gunungjati, Sunan
Muria, Syeh Maulana Maghribi, Syeh Siti Jenar. Tiap-tiap tahun para wali itu
mengadakan pertemuan di kota Demak. Pertemuan tahunan tersebut diselenggarakan
pada bulan Rabiul Awal, tanggal 6 sampai
dengan tanggal 12, dan hari yang terakhir itu diselenggarakan keramaian besar
untuk merayakan hari lahir Nabi Muhammad SAW.
Adapun
yang dibicarakan dalam pertemuan tahunan tersebut antara lain adalah laporan
dari para wali penyebar agama Islam tentang hasil kerja mereka di daerah mereka
masing-masing, dan politik umat Islam terhadap rakyat yang masih beragama
Hindu. Selain itu kesempatan tersebut juga digunakan pula untuk memberikan
pelajaran-pelajaran dan penjelasan tentang ajaran agama Islam terhadap keluarga
dan penganut-penganutnya.
Berkat
kerja keras para wali, sebagai langkah kemajuan agama Islam, maka di Demak
didirikan sebuah masjid besar, yang dipandang berkeramat karena mengandung
nilai sejarah. Berdirinya masjid besar di Demak itu diperingati dengan surya
sengkala Kori trus gunaning janmi, yang
menunjukkan angka tahun 1399 Saka. Sementara itu usaha
penyebaran agama Islam makin ditingkatkan. Kesukaran yang mereka rasakan karena
rakyat pada waktu itu masih banyak yang menganut agama Hindu, seperti yang
dianut oleh rakyat Kerajaan Majapahit. Dengan demikian, bila tidak dilakukan dengan
bijaksana, akan mempersulit usaha-usaha memperluas perkembangan agama Islam.
Para wali mengetahui bahwa rakyat dari Kerajaan Majapahit masih sangat dekat
dengan kesenian dan kebudayaannya, antara lain gemar sekali akan bunyi gamelan
dan keramaian-keramaian yang bersifat keagamaan Hindu.
Demi
keberhasilan penyebaran agama Islam di Jawa, maka atas saran Kanjeng Sunan
Kalijaga, para wali lalu mengatur penyelenggaraan peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW dengan
cara yang disesuaikan dengan tradisi rakyat pada waktu itu. Oleh karena rakyat
menggemari kesenian Jawa dengan gamelannya, maka perayaan untuk memperingati
hari kelahiran Nabi selanjutnya tidak lagi menggunakan kesenian rebana
melainkan dengan kesenian gamelan. Untuk melaksanakan hal itu Sunan Kalijaga
membuat seperangkat gamelan yang dinamakan Kyai Sekati.
Untuk
memeriahkan perayaan itu, maka ditempatkanlah gamelan Kyai Sekati di halaman
Masjid Demak. Gamelan itu dipukul bertalu-talu tidak henti-hentinya, mula-mula
dengan irama dan suara lembut dan halus, lama kelamaan dipukul keras-keras.
Karena tertarik dengan bunyi gamelan yang nyaring mengalun tersebut, maka
orang-orang dari berbagai penjuru datanglah berduyun-duyun ke pusat kota,
sehingga alun-alun kerajaan Demak menjadi penuh sesak dibanjiri orang yang
ingin menikmati kesenian gamelan dan menyaksikan keramaian yang
diselenggarakan. Keramaian itulah yang kemudian disebut sekaten, dan yang
sampai sekarang masih dilestarikan. Sementara itu para wali berganti-ganti
memberikan wejangan dan ajaran tentang agama Islam di mimbar yang didirikan di
depan gapura masjid.
Orang
banyak yang datang tersebut itu diperbolehkan juga masuk ke dalam serambi
masjid, tetapi harus terlebih dahulu syahadatain, yang di dalam bahasa Jawa
disebut sahadat kalimah loro. Di
halaman masjid itu, orang –orang disuruh membasuh tangan, muka dan kaki mereka
dengan air kolam luar serambi masjid. Demikianlah keramaian sekaten itu
diselenggarakan sekali dalam setahun tiap bulan Rabiul Awal, dari tanggal 6 sampai dengan tanggal 12.
Untuk mengetahui
asal mula sekaten yang tiap tahun diadakan di Keraton Kasunanan Surakarta, maka
harus memulainya dari jaman Demak. Kerajaan Demak merupakan kerajaan Islam yang
di Jawa yang berdiri setelah Majapahit runtuh pada tahun 1400 Saka atau 1478 Masehi. Keruntuhan Majapahit
diperingati dengan candrasengkala ”Sirna Hilang Kertaning Bumi”. Berakhirnya
Kerajaan Majapahit berarti berakhir pula Kerajaan Hindu di Jawa, di bawah
pemerintahan Prabu Brawijaya V. Raja Demak yang pertama adalah Raden Patah yang
bergelar Sultan Bintara.
Sebagai
Raja Islam, Sri Sultan Bintara tidak berhenti berdaya upaya untuk memajukan
tersiarnya agama Islam di seluruh kerajaan. Sultan Bintara selalu memikirkan
bagaimana agar agama Islam dapat menyinari semua pelosok negeri, dan bagaimana
orang-orang yang telah memeluk agama Hindu itu akan insyaf dan meyakini
kebenaran ajaran Islam.
Raden
Patah akhirnya mengadakan suatu pertemuan dengan para wali yang berjumlah
sembilan, diantaranya adalah Sunan Ampel (Raden Rahmad), Sunan Gresik (Malik
Ibrahim), Sunan Giri (Raden Paku), Sunan Bonang (Makdum Ibrahim), Sunan Kudus,
Sunan Muria, Sunan Kalijaga, Sunan Drajat, dan Sunan Gunung Jati. Untuk
membahas cara menyiarkan Islam di tanah Jawa, Sunan Kalijaga mempunyai usul
tentang penyiaran agama Islam agar diterima oleh masyarakat yang sejak dahulu
memeluk agama Hindu. Usul Sunan Kalijaga tersebut adalah dengan membiarkan
tetap dilaksanakannya adat atau tata cara dalam agama Hindu, tetapi dimasuki
pelajaran Islam, misalnya:
1) Semedi
Semedi dalam agama Hindu
mempunyai maksud memuja kepada dewa-dewa. Karena agama Islam tidak mengenal
dewa, maka diganti dengan memuja Allah SWT dengan sholat.
2) Sesaji
Sesaji menurut agama
Hindu mempunyai maksud memberi makanan kepada dewa-dewa dan jin, agar sesuai
dengan ajaran Islam diganti dengan zakat fitrah pada fakir miskin.
3) Keramaian
Dalam agama Hindu
keramaian mempunyai maksud menghormat kepada dewa-dewa, diganti keramaian
menghormat hari-hari raya Islam.
Karena
orang Jawa suka gamelan, maka pada hari raya Islam yaitu hari lahirnya Nabi
Muhammad SAW, sebaiknya dalam masjid juga diadakan gamelan, agar orang-orang
tertarik. Jika sudah berkumpul kemudian diberi pelajaran tentang agama Islam.
Dan untuk keperluan itu para wali menciptakan seperangkat gamelan yang
dinamakan Kyai Sekati.
Usul
dari Sunan Kalijaga tersebut disepakati oleh wali yang lainnya dan Raden Patah,
yaitu pada hari lahir Nabi Muhamad yaitu pada 12 Mulud, dalam masjid dipukul gamelan. Tanggal 12 Mulud selain merupakan hari
kelahiran Nabi Muhammad SAW juga merupakan hari wafat beliau. Ternyata banyak
orang yang berduyun-duyun datang ke masjid untuk mendengarkan bunyi gamelan.
Orang-orang tersebut datang ke masjid walaupun rumahnya jauh, sehingga mereka
bermalam di alun-alun atau sekitar masjid.
Pada
hari kelahiran Nabi Muhammad SAW tersebut, selain rakyat, para bupati pesisir
juga datang ke kota kerajaan untuk memberi sembah pada raja. Mereka datang
beberapa hari sebelum tanggal 12 Mulud dan membuat rumah di alun-alun untuk bermalam. Pada
tanggal 12 Mulud tersebut, bupati menghadap raja dan kemudian menggiring
raja ke masjid. Karena banyaknya orang yang menggiring raja tersebut, timbul
perkataan ”Garebeg” yang berasal dari kata ”anggrubyung” yang berarti
menggiring.
Orang-orang
yang datang di halaman masjid itu disuruh untuk mendengarkan pidato-pidato
tentang ajaran agama Islam yang mudah-mudah dahulu. Pertama mereka diberi tahu
maksudnya syahadat dan bagaimana bunyinya. Dari itulah timbul kata sekaten yang
berasal dari bahasa Arab ”syahadatain”. Kalimat syahadat merupakan suatu kalimat
yang harus dibaca oleh seseorang untuk masuk Islam, yang mempunyai arti: tiada
Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Kalimat syahadat itu juga ditulis di atas
pintu gerbang masjid. Karena banyak orang yang datang berduyun-duyun ke masjid
dan banyak yang bermalam, maka banyak pula orang yang berjualan di sekitar
masjid dan alun-alun.
Sekaten selain berasal
dari kata syahadatain, juga berasal dari kata:
1) Sahutain : menghentikan atau
menghindari perkara dua, yakni sifat lacur dan menyeleweng.
2) Sakhatain : menghilangkan perkara
dua, yaitu watak hewan dan sifat setan karena watak tersebut sumber kerusakan.
3) Sakhotain : menamankan perkara
dua, yaitu selalu memelihara budi suci atau budi luhur dan selalu menghambakan
diri pada Tuhan.
4) Sekati : setimbang, orang hidup
harus bisa menimbang atau menilai hal-hal yang baik dan buruk.
5) Sekat : batas, orang hidup
harus membatasi diri untuk tidak berbuat jahat serta tahu batas-batas kebaikan
dan kejahatan.
Tradisi
sekaten yang dirayakan untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW tersebut
tetap dilestarikan oleh raja-raja yang memerintahkan berikutnya hingga masa
Mataram. Pada jaman kerajaan Mataram hingga akhirnya pindah ke Surakarta,
sekaten diadakan untuk kepentingan politik, yaitu mengetahui kesetiaan para
bupati yang ada di wilayah kerajaan. Pada perayaan sekaten para bupati harus
datang untuk menyerahkan upeti dan menghaturkan sembah baktinya kepada raja.
Apabila bupati tersebut berhalangan hadir, maka harus diwakili oleh pihak
kerajaan. Hal itu dilakukan karena bila bupati tidak hadir pada perayaan
sekaten diartikan sebagai bentuk pembangkangan terhadap raja.
Perayaan
sekaten yang diadakan oleh kerajaan Mataram, selain bertujuan untuk
memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW juga untuk menunjukkan bahwa raja yang
berkuasa masih ada hubungan dengan Nabi Muhammad, utusan Allah. Sekaten juga
berperan di bidang politik dan ekonomi, karena dengan adanya sekaten para
bupati mancanagari harus datang memberi upeti dan kehadirannya di upacara
sekaten sebagai tanda kesetiaan kepada raja yang memerintah. Dengan
perkembangan jaman, sekaten juga dimanfaatkan dalam sektor perdagangan.
Perayaan sekaten sebagai ladang masyarakat untuk berdagang dan semakin membuat
marak perayaan sekaten. Selain untuk mendengarkan gamelan, para pengunjung
dapat membeli berbagai makanan khas sekaten, juga mainan anak-anak.
0 komentar:
Posting Komentar